Senin, 15 Juli 2019

Agar Arwana Tambah Gagah

Agar Arwana Tambah Gagah

Foto: rizki


Salon ikan arwana supaya sirip lebih rapi, penampilan lebih gagah, serta lebih enak dipandang mata
 
 
Salon indentik dengan kaum hawa untuk merawat dan mempercantik diri, namun siapa sangka, istilah salon juga berlaku untuk ikan elegan satu ini. Sebut saja arwana, ikan endemik dalam negeri yang harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah juga mengenal istilah salon. Lantas salon seperti apakah yang dimaksud?
 
 
Diwawancarai beberapa waktu lalu, Wisneu Kardiyanto yang merupakan pembudidaya arwana asal Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) menjelaskan istilah salon arwana. Salon arwana merupakan istilah untuk merapihkan sirip ekor, sirip dorsal (punggung), sirip anal (bawah), dan juga sirip dada atau yang umum disebut kalangan penghobiis dayung. Agar penampilannya lebih indah dan juga meningkatkan harga jual.
 
 
Salon dan Operasi
Pasalnya, sambung Wisneu, ada beberara arwana yang memang memiliki genetik bagus sehingga sirip-siripnya pun bagus. Sebaliknya, ada juga yang kurang mengembang, atau tulang keras di siripnya berdempetan satu sama lain, kemudian ada juga yang keriting membran siripnya. “Maka dari itu di salon adalah jalan satu-satunya agar arwana kembali terlihat normal dan indah khususnya di bagian-bagian siripnya,” terang pria lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan), Bogor.
 
 
Dalam dunia hobiis dan pembudidaya arwana, terang Wisneu lebih gamblang, ada istilah ikan arwana itu di oprek. Oprek disini juga terbagi dua disalon atau dioperasi, hal-hal yang termasuk operasi adalah anatomi tubuh arwana itu diperbaiki atau disembuhkan, semisal memperbaiki bibir bawah arwana yang lebih panjang keatas atau disebut dengan istilah cakil, mata arwana yang turun dan lain-lain. 
 
 
Sedangkan salon biasanya hanya merapikan sirip-sirip arwana agar lebih indah dan lebar. “Mungkin masih sulit terbayang untuk orang awam, bagaimana melakukan operasi dan salon arwana, dengan tujuan membentuk ekor arwana agar indah dan lurus, serta anatomi tubuhnya sempurna,” ungkap Wisneu. 
 
 
Tahapan
Ada beberapa hal yang sangat penting diperhatikan sebelum melakukan salon arwana, terang Wisneu lebih rinci, pertama perhatikan kesehatan arwana yang akan disalon. Apabila gerak-gerik dan nafsu makannya normal dan tidak terindikasi sakit sama sekali, maka ikan tersebut dapat dipersiapkan untuk proses selanjutnya. Namun, apabila arwana yang akan disalon terindikasi kurang sehat, seperti cara renangnya yang tidak tenang dan nafsu makannya menurun. Sebaiknya jangan dilanjutkan karena dapat menyebabkan stres berat hingga menyebabkan kematian nantinya.
 
 
“Puasakan arwana paling lambat 3 hari sebelum dilakukan proses salon, hal tersebut bertujuan agar meminimalisir tingkat stres dan mempercepat proses pemulihan pasca di salon,” beber Wisneu yang memulai usaha arwana sejak 2014 lalu. Tambahnya, siapkan media box styrofoam yang umum digunakan untuk mengirim ikan sebagai wadah salon nantinya. Arwana yang dipuasakan, diambil menggunakan plastik packing yang telah diisi air sebelumnya kurang lebih 3 gayung mandi.  
 
 
Tahapan selanjutnya, ia menjelakan lebih rinci, adalah membius arwana dengan cairan khusus membius arwana yang dijual umum dan ditetesan ke dalam air di dalam plastik packing. Dosisnya, untuk ukuran arwana yang panjang badannya mencapai 45 - 50 centimeter (cm) bisa di berikan sekitar 20 tetes obat bius. 
 
 
 
Selengkapnya baca di majalah TROBOS Aqua Edisi-86/15 Juli – 14 Agustus 2019
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain