Senin, 15 April 2019

Smart Farming ala Jala Tech

Smart Farming ala Jala Tech

Foto: 
Jala bersama pelaku industri budidaya udang berbagi informasi

Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan petambak udang dalam tata kelola tambak secara digital terkait penyakit udang dan cara pencegahannya
 
 
 
Jala Tech menginisiasi program Smart Farming sebagai upaya meningkatkan pengetahuan petambak udang dalam managemen budidaya secara digital. Acara yang di kemas dalam “Sarasehan Petambak Udang 4.0” (12/4) sekaligus sharing session (berbagi informasi) mengenai permasalahan terkait penyakit udang dan cara pencegahannya serta tata kelola tambak udang menuju CBIB (Cara Budididaya Ikan yang Baik dan Benar). 
 
 
Bertempat di Pamanukan, Subang yang diadakan bersama @cvpradipta¬paramita yang diisi oleh Rudi Chaerudin, S. selaku Pi-Technical Service CV Pradipta Paramita lebih banyak membahas tentang pengenalan dan pencegahan penyakit pada udang vannamei dan beberapa jenis bakteri positif dan mineral yang yang dibutuhkan untuk budidaya udang vannamei. 
 
 
Sedangkan Jala memberikan pemaparan tentang digitalisasi tambak udang yang disampaikan Irwinsyah Pamungkas dan lebih banyak menjelaskan tentang fitur-fitur baru app.jala.tech an¬tara lain adalah kabar udang yang dapat memberi informasi tentang penyakit dan manajemen dalam berbudidaya. Tidak hanya kabar udang, Jala juga sudah meluncurkan fitur harga udang yang dapat memberikan referensi mengenai harga udang terbaru per-wilayahnya sehingga para petambak mempunyai referensi sebelum menjual saat panen. 
 
 
Dalam acara tersebut tidak hanya dihadiri para pemilik tambak tetapi berkesempatan hadir juga perwakilan @venambak.id dan @minaceria.id, semuanya berkumpul untuk sharing satu sama lain terkait permasalahan yang dialami dan men¬cari solusi bersama-sama. Peserta sangat antusias untuk mencari solusi penanganan penyakit serta memulai CBIB di tambak mereka. Dengan adanya program ini @ jala.iot percaya tidak hanya dapat mening¬katkan pengetahuan namun juga menjaga silaturahmi sesama petambak.
 
 
 
Diskusi Teknis 
Pada lain kesempatan, Jala melaku¬kan Diskusi Teknis Budidaya Udang yang bertempat di Desa Hadiwarno, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Namun kali ini Jala Tech mengajak PT Indmira untuk berbagi pengalaman tentang budidaya udang di pantai selatan. Hadir sebagai narasumber yaitu Aryo selaku pimpinan PT Indmira, Liris selaku CEO Jala Tech, serta Mr Jack Morales dari Filipina selaku konsultan bu¬didaya, dan Roni selaku teknisi udang yg sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. 
 
 
Tujuan acara ini ingin membantu mem¬berikan solusi pencegahan dan penanganan penyakit udang. Peserta yg datang adalah perwakilan dari pemilik tambak dan PPL (Penyuluh) Dinas Perikanan Pacitan. Respon dari perwakilan yang hadir merasa terbantu dengan hasil diskusi, karena dapat memberikan pilihan dalam pencegahan dan penanganan penyakit udang yang dialami oleh petambak Pacitan. 
 
 
Semua acara ini gratis tidak dipungutbiaya sepeserpun. Turut hadir Majalah TROBOS Aqua sebagai media partner untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam berbudidaya udang. Program ini tidak hanya dilakukan di Subang dan Pacitan namun juga akan dilakukan di beberapa daerah antara lain Jepara, Bantul, Cilacap, Tasikmalaya, Lampung dan daerah lainnya hingga akhir 2019. TROBOS Aqua/Adv
 

 
Aqua Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain